Monday 13 October 2014

Part of "Kepemanduan"

KUNJUNGAN DARI KAKAK-KAKAK HMIF
(Himpunan Mahasiswa Informatika)

Ketika sang fajar telah terbenam dan bintang pun mulai bermunculan, di saat itulah kita kelompok kepemanduan 9 berkumpul bersama kakak pemandu kita yaitu Kak Muhamad Faqihudin Anwar (2013) dan Kak Jenny Amalia Putri (2013). Pertama kita kumpul di Pom bensin UNDIP, agar ke tempat yang kita tuju yaitu Calzone Up bersama-sama. Setelah kita kumpul, langsung saja kita ke tempat tujuan.
Sesampai disana kita duduk (yaiyalahhh.. hehe) , lalu memesan beberapa minuman dan makanan ringan. (kebiasaan kepemanduan kita, hanya memesan minuman. Maklum anak kos gaes.. :D) .Kita semua berbincang-bincang cantik seperti biasanya kita bertemu. Mengobrol tentang mata kuliah, kos, tempat-tempat, tugas-tugas, dan tak terlupakan dosen (uppsss.. :D)
Dan ternyata, datanglah beberapa kakak tingkatan kita lebih tepatnya kakak-kakak dari HMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika). Ternyata kakak-kakak itu ikut gabung bersama kita, ngobrol-ngobrol gitu pertamanya tapi tujuan utamanya adalah sosialisasi tentang divisi-divisi yang ada di HMIF beserta tugas dan proker-prokernya  (program kerja).
Yang pertama adalah kakak-kakak dari divisi Kominfo yang beranggotakan 12 ini (bisa dibaca di smartbook, hehe). Ada kak Arief Ramadhani, kak Izzun Abdussalam, dan Kak Darmawan Nur Kusuma. Kak Arif menjelaskan bahwa “Tugas dari Kominfo itu untuk menjalin relasi di luar himpunan. Tapi kalo di dalam himpunan itu divisi Litbang.” . Kominfo juga menngurus beberapa sosial media Informatika. Seperti facebook, twitter, web, dan lain-lain. Dan jugs majalah buletin atau poster-poster.  “Kalau ada yang pengen pinter desain web atau yang biasa aktif di media sosial, disinilah tempat kalian” , kata Kak Arief.  Dan ternyata, ada beberapa Proker kominfo yaitu :
1.  Roadshow HM
Jadi, Kominfo mengadakan seperti studi banding dengan HM lain, bahkan dengan himpunan mahasiswa universitas lain. Kemarin-kemarin baru saja dengan HM UNS (Universitas Negeri Surakarta). Dan tahun kemarin dengan UGM ( Universitas Gajah Mada).
2.  IOS (Informatic Ongoing Story)
Ini merupakan buku tentang Informatika meliputi sejarah HM, deskripsi HM, perkenalan divisi-divisinya, dan lain-lain. Buku ini terbit 1 tahun sekali dan kita wajib membeli. Agar kita lebih bisa mengenal Informatika itu sendiri.
3.  RNE (Right Now Event)
Ini adalah acara dadakan Informatika. Jadi HM kita bekerjasama dengan pihak lain. Sebagai contoh dengan perusahaan Microsoft. Kita mendapatkan CD OS seperti Windows secara gratis yang Original. Harga yang seharusnya sekitar ratusan ribu bahkan jutaan, dapat kita dapatkan secara gratis. Enak kan??? J Biasanya acaranya seperti seminar atau yang lain.
Jadi kominfo ini terbagi menjadi Staff ahli dan Jurnalis. Staff ahli bekerja untuk menjalankan proker dan sedangkan tim jurnalis untuk mengawasi jalannya proker tersebut dan merekrut anggota kominfo baru.  Dan tahukah kalian???? bahwa Kakak pemandu kita yaitu kak Faqih merupakan salah satu anggota Tim jurnalis ini gaes. :D Dan juga Staff ahli Informatika sudah 2 tahun berturut-turut menjadi yang terbaik di FSM kita tercinta ini. J
Setelah tidak ada pertanyaan, gantilah pembicara dari kakak-kakak divisi Mikat (Minat dan Bakat). Divisi yang beranggotakan 9 orang ini, diwakili oleh kak widia dan kak novi. Langsung saja ya kita review kembali Proker dari divisi mikat ini, yaitu :
1.  Pelatihan rutin
Di informatika terdapat beberapa pelatihan rutin seperti Futsal putra (PJ : Kak Erzan), Futsal putri (PJ : Kak Novi), Basket (PJ : Kak Farras), Bulu tangkis (PJ : Kak ivone), Band (PJ : Kak ilham), Choir (PJ : Kak Widia) , Elnino (PJ : Kak Sela)
2.  POSITIVE
Ini adalah acara intern informatika antar tingkatan. Jadi dalam acara ini terakhir dari rangkaiannya ada pensi dan juga menampilkan sesuatu dari tiap angkatan. Asyiikkk pasti J

3.  IRC
Ini adalah acara kompetisi yang direncanakan akan dilaksanakan pada 29-30 November ini. Ada pertandingan Futsal, basket, dan lain-lain.
Selanjutnya ada dari divisi sosial. Yang diwakili oleh Kak Ressas dan Kak Charisma Annisa. Divisi ini beranggotakan 8 orang sebenarnya. Namun, ada 1 anggota yang keluar. Jadi bersisa 7. Divisi ini terbagi menjadi Kesma (Kesejahteraan Mahasiswa) dan Dimas (Pengabdian masyarakat). Inilah proker dari Divisi sosial :
1.  Dansos (Dana Sosial)
Ini merupakan himpunan dana untuk anggota keluarga informatika yang sedang sakit atau kekurangan. Yang berarti sangat membutuhkan biaya.
2.  Skify
Jadi divisi sosial juga membantu nge-share info beasiswa kepada keluarga informatika.
3.  -
Divisi sosial mambantu angkatan atas dalam menghadapi sidang. Jadi jika kakak tingkat membutuhkan perkap sidang seperti taplak, vas bunga, dan lain-lain bisa menghubungi kakak-kakak divisi sosialJ
4.  INFO (Informatic For Orphant)
Seperti mengadakn kegiatan di panti asuhan, 3-4 pertemuan. Jadi nanti kita membantu anak-anak panti untuk belajar komputer seperti corel,dll. Selain juga terkadang ada outbond.
5.  I-CARE
Jadi kita itu pergi ke desa-desa seperti gunung pati dan kita membagi pengetahuan kita kepada anak-anak SD kelas 2, 5, 6. Mereka diajarkan pengetikan 10 jari dan powerpoint. Selain itu juga ada pengasah ketrampilan paper craft.

Dan masih banyak lagi. Lalu kakak-kakak semua berbincang-bincang kemudian pamit pergi. Jam sudah menunjukkan pukul 21.30 WIB sehingga kakak pemandu kami menutup pertemuan dan kita pulang bersama-sama J

0 comments:

Post a Comment